(021) 2800647 kampus@azzahra.ac.id

MODAL SOSIAL-ISBN: 9786026118998-Penerbit: MIB Indonesia

By univ.azzahrajkt

MODAL SOSIAL-ISBN: 9786026118998-Penerbit: MIB Indonesia

MODAL SOSIAL DALAM PROGRAM  MAKASSAR TIDAK RANTASA

Penulis: Hamsah, S.P.,M.Pd

Editor: Dr. Andi Pallawagau, MM

Desain Cover: Ramlan Mursalim, SE

Penerbit: MIB Indonesia

ISBN: 9786026118998

 

Buku yang ditulis oleh salah satu dosen FISIP Universitas Azzahra yang menggambarkan tentang Modal Sosial dalam kehidupan Bugis Makassar dalam mendukung program “Makassar tidak rantasa” pemerintah kota Makassar.

Kesuksesan program Makassar tidak rantasa tidak cukup hanya dengan mengandalkan modal materi atau ekonomi semata, tetapi juga dibutuhkan modal-modal yang lain. Modal sosial (social capital) adalah salah satu faktor penting yang menentukan sebuah program dapat berjalan dengan baik. Pembentukan modal sosial dapat mempercepat dalam merealisasi sebuah program dengan adanya jaringan (networks), norma (norms), dan kepercayaan (trust) di dalamnya yang menjadi kolaborasi (koordinasi dan kooperasi) sosial untuk kepentingan bersama.

Modal sosial sebagai sesuatu yang merujuk kepada dimensi institusional, hubungan-hubungan yang tercipta dan norma-norma yang membentuk kualitas dan kuantitas hubungan sosial dalam masyarakat dalam spektrum yang luas, yaitu sebagai perekat sosial (social glue) yang menjaga kesatuan anggota masyarakat secara bersama-sama.

Dalam konteks ini, penulis mencoba merangkai kalimat menjadi sebuah buku dari hasil penelitian untuk mengungkap bagaimana kuasa modal sosial lewat agent of change dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk merealisasikan program Makassar Tidak Rantasa.

 

Aspek kepercayaan atau trust merupakan unsur yang sangat esensial di dalam membentuk modal sosial. Kepercayaan merupakan inti dari modal sosial (core of social capital). Fukuyama (2002)

RIWAYAT PENULIS

Penulis lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 15 April 1991. Menyelesaikan program Sarjana Pendidikan Sosiologi di Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun 2014. Tahun 2016 menyelesaiakan Magister Pendidikan Sosiologi di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Pengalaman Organisasi: Menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi Unismuh Makassar 2011-2012, Pengurus DPP Kepmi Bone, Anggota HMI Cabang Gowa Raya, Pengurus BPN KKMB Bone.

Awal tahun 2017 menjadi Dosen tetap Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Azzahra Jakarta. Penulis juga aktif  dalam kegiatan konsultan, penelitian dan mulai tahun 2014 sampai sekarang sebagai Manager Program pada Pusat Studi Strategi Pembangunan Daerah (PUSBANGDA) Jakarta.

Leave a Comment