(021) 2800647 kampus@azzahra.ac.id

Sering Lupa Ketika Ujian? Simak 5 Tips Belajar Efektif Ampuh Ini Sebelum Ujian!

By univ.azzahrajkt

Sering Lupa Ketika Ujian? Simak 5 Tips Belajar Efektif Ampuh Ini Sebelum Ujian!

Memasuki masa-masa Ujian Tengah Semester (UTS) atau Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan salah satu saat paling hectic dalam dunia perkuliahan. Karena seringkali karena terlalu sibuk mengerjakan tugas kuliah yang tidak habis-habisnya beserta diselingi dengan mengikuti aktivitas-aktivitas yang diikuti di kampus membuat kita lupa kalau jadwal ujian sudah semakin mendekat. Karena sering kelupaan, banyak mahasiswa/i yang menerapkan sistem kebut semalam (SKS) ketika belajar untuk ujian. Padahal sistem belajar tersebut merupakan cara yang paling tidak direkomendasikan loh!

Sama seperti namanya, sistem belajar kebut semalam benar-benar membuat kita mengebut setiap materi pelajaran yang telah dipelajari untuk diterima dan diingat kembali oleh otak. Sebagian orang menganggap bahwasannya metode belajar tersebut lebih efisien ketimbang harus mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Padahal amat disayangkan jika kamu hanya mempelajari kembali sebuah materi kuliah ketika akan ujian lalu kemudiannya kamu tidak akan mengingatnya kembali. Atau bahkan lebih buruknya, belum selesai melewati ujian, kamu sudah lupa dengan apa yang pelajari di malam sebelumnya. Duh alamat gagal deh ujiannya!

Agar ilmu yang kamu dapatkan selama berkuliah tidak hilang sia-sia, ada baiknya kamu memperhatikan kembali cara belajar mu selama ini dan ketika akan menghadapi ujian kamu sudah siap dan hanya tinggal melakukan review materi pelajaran. Ada 5 tips belajar efektif selama berkuliah agar materi yang diberikan bisa diingat dalam jangka waktu yang panjang serta membuat kita siap menghadapi ujian. Yuk kita simak!

1. Pelajari Modul Materi Yang Akan Diberikan Selama 1 Semester Ke Depan

Biasanya pada awal semester, dosen pengampu mata kuliah akan memberikan kamu sebuah modul yang berisikan materi-materi yang akan dipelajari selama satu semester ke depan. Perhatikan dengan seksama apa yang terdapat di dalam modul tersebut dan simak penjelasan dari dosen dengan baik agar kamu lebih siap ketika akan menerima materi-materi yang disiapkan. Mengenali modul materi perkuliahan merupakan salah satu langkah tips belajar yang efektif karena kamu telah diberikan sedikit gambaran sebelumnya mengenai apa yang akan kamu pelajari selama berkuliah.

2. Buatlah Catatan Sesuai Dengan Gaya Mencatat Kesukaan Mu

Ketika belajar, setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Ada orang yang lebih mudah mencerna pelajaran ketika materi yang disampaikan dominan berisikan materi visual atau audiovisual, dan ada orang yang bisa dengan cepat mengingat sebuah materi pelajaran hanya dengan mendengarkan penjelasan dari dosen ataupun orang di sekitarnya. Namun ada pula orang yang lebih menyukai membaca isi buku secara keseluruhan secara berulang-ulang agar bisa mengingatnya. Tidak ada masalah dari masing-masing gaya belajar tersebut. Yang penting, kenali tipe kemampuanmu dalam mencerna pelajaran, ya. Setelah mengenali, siapkan catatan yang baik untuk setiap materi yang kamu terima. Dengan mencatat apa yang sudah kamu pelajari, kamu akan lebih mudah mencari kembali materi-materi yang telah disampaikan oleh dosen tanpa perlu membuka buku-buku tebal dan membolak-balik tiap halamannya. Dan jangan salah, tiap orang juga memiliki gaya catatan yang berbeda-beda pula. Seperti contoh, jika kamu adalah orang dengan tipe belajar visual atau audiovisual, ada baiknya jika kamu membuat catatan dengan model mind mapping atau membuat ilustrasi-ilustrasi dari keterangan sebuah topik. Atau agar catatan mu lebih menarik, tulis lah dengan menggunakan pensil warna-warni agar catatan terlihat lebih menarik dan mudah untuk diingat. Dan yang paling penting, catatlah dengan rapi dan bedakan tiap-tiap mata kuliah menggunakan halaman pembatas atau sebuah penanda agar tidak tercampur antara yang satu dengan yang lainnya ya.

3. Bertukar Catatan Dengan Teman dan Berdiskusi Bersama

Tips belajar efektif lainnya agar lebih cepat diingat adalah dengan saling bertukar catatan dan melakukan kegiatan diskusi dengan teman-teman mu. Tips belajar ini merupakan salah satu yang paling dianjurkan karena dapat diakui bahwa membuat sebuah kelompok diskusi akan lebih efektif ketimbang belajar sendirian saja. Karena jujur saja, pasti banyak di antara kita yang seringkali menjadi lebih menunda-nunda, terdistraksi, atau mager ketika belajar sendirian menjelang ujian, betul tidak? Nah, agar kamu terhindar dari rasa bermalas-malasan tersebut dan bisa lebih efektif dalam belajar, ajaklah teman sesama jurusan mu untuk saling berdiskusi menjelang ujian. Lakukan proses tanya jawab dan ajukan sebuah pertanyaan yang kira-kira akan keluar di soal ujian. Dijamin, kamu akan lebih semangat dan cepat belajarnya! Tapi tentu saja, kelompok belajar tersebut harus memiliki tujuan yang sama yaitu untuk belajar, bukan untuk bermain-main apalagi bergosip ya!

4. Membawa Catatan Mini Kemana Pun Kamu Pergi

Seringkali karena terlalu banyak materi yang harus kamu pelajari, kamu akan menjadi kebingungan dan keteteran dalam menelan setiap materi pelajaran. Dan tidak mungkin rasanya jika kamu harus selalu membawa buku catatan mu yang tebal kemana-mana. Agar kamu tetap bisa belajar kapan saja dan di mana saja, siapkan lah sebuah catatan kecil atau pocket notes yang bisa dikantongi kemana-mana untuk menuliskan materi-materi penting dan paling utama yang harus kamu ingat. Atau tuliskan rangkuman singkat mengenai sebuah materi pelajaran di catatan kecil tersebut agar ketika kamu sedang teringat mengenai pelajaran yang sudah kamu pelajari namun sedikit lupa, kamu bisa membaca-bacanya kembali. 

5. Beristirahat Dengan Cukup

Hal penting lainnya yang  harus disiapkan sebelum memasuki masa-masa UTS atau UAS adalah menjaga stamina tubuh! Kamu tentu tidak ingin kondisi kesehatan mu tiba-tiba tumbang atau terserang penyakit seperti demam, batuk atau pilek. Karena kalau sudah sakit bisa dipastikan konsentrasi mu akan menjadi buyar dan kamu akan kesulitan untuk berpikir. Maka dari itu istirahat dengan cukup dan memiliki pola makan yang baik adalah hal penting lainnya yang dapat membantu keefektifan belajar mu sebelum ujian. Nah, alasan lain mengapa sistem belajar kebut semalam tidak direkomendasikan adalah karena kemungkinan kamu akan jatuh sakit setelah begadang semalaman untuk belajar menjadi sangat besar. Alih-alih menjadi siap untuk menghadapi ujian, kamu malah jatuh sakit dan yang paling buruknya tidak bisa mengikuti ujian.

Itu dia tips-tips belajar efektif yang bisa kamu lakukan untuk siap menghadapi ujian. Ingat, yang terpenting adalah meniatkan dari awal bahwa kesuksesan selama kuliah adalah tujuan utama. Perjuangan yang kamu lakukan selama kuliah pasti tidak akan sia-sia dan akan membuahkan hasil yang berbanding luas dengan perjuanganmu.

Leave a Comment