(021) 2800647 kampus@azzahra.ac.id

Tips dan Cara Memilih Universitas Serta Jurusan Kuliah Untuk Masa Depan Yang Cemerlang

By univ.azzahrajkt

Tips dan Cara Memilih Universitas Serta Jurusan Kuliah Untuk Masa Depan Yang Cemerlang

Menentukan pilihan pendidikan yang lebih tinggi di masa-masa akhir SMA adalah salah satu hal yang krusial untuk dipikirkan di samping menyiapkan diri untuk Ujian Nasional (UN) dan ujian seleksi memasuki perguruan tinggi. Memilih jurusan kuliah serta universitas yang dituju memerlukan pertimbangan yang matang dan harus dipikirkan sebaik-baiknya. Karena kamu tentu tidak ingin memasuki jurusan yang tidak sesuai dengan minat kamu apalagi berkuliah di kampus yang tidak pernah terdengar namanya. Hal tersebut akan berdampak besar dengan karir yang kamu miliki di masa depan karena pada umumnya setelah kamu lulus kuliah hal pertama yang diperhatikan adalah almamater kampus asal mu. Sebelum menentukan universitas mana dan jurusan apa yang ingin kamu pilih setelah lulus SMA, ada beberapa cara yang sebaiknya kamu perhatikan di bawah ini untuk membantu kamu dalam memilih universitas serta jurusan.

Kenali minat dan passion mu

Kebanyakan calon mahasiswa perguruan tinggi hanya memilih jurusan kuliah karena hanya ikut-ikutan teman dekatnya atau karena masih kebingungan akan jurusan yang diminati. Daripada ikut-ikutan teman, ada baiknya kamu mengenali lebih dalam tentang diri sendiri, menggali apa yang disukai dan diminati dan mencari tau kira-kira jurusan apa yang mendekati minat serta passion kamu agar nantinya sejalan dengan ilmu yang ingin kamu pelajari dan kembangkan. Seperti contoh, jika kamu memiliki kepribadian yang outgoing, senang bertemu dengan orang banyak, dan senang menulis, mungkin kamu akan cocok di jurusan Jurnalistik atau Hubungan Masyarakat yang pada beberapa kampus dinaungi oleh Fakultas Ilmu Komunikasi atau Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dan jika kamu memiliki minat di bidang teknologi, kamu bisa memilih jurusan Teknologi Informasi atau jurusan lainnya yang memiliki kaitan di bidang teknologi. Galilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan-jurusan perkuliahan yang ada dan cocokkan dengan minat atau passion mu.

Riset mendalam tentang universitas impian atau kampus tujuan

Setelah menentukan dan memilih jurusan yang diinginkan, cari tau tentang universitas atau kampus mana yang memiliki penjurusan ilmu tersebut. Atau kamu bisa memilih universitas impian mu terlebih dahulu berdasarkan akreditas perguruan tinggi tersebut. Misalnya kampus tujuan kamu adalah kampus yang termasuk ke dalam kategori 5 terbaik se-Indonesia, tidak ada salahnya kamu menargetkan untuk memilih kampus tersebut lalu mengenali jurusan apa saja yang ada di dalamnya baru memilih jurusan yang sekiranya kamu minati atau ingin dalami. Kunci terpentingnya adalah kamu harus rajin-rajin melakukan riset mengenai universitas tersebut dan bagaimana perkembangan terakhir dari universitas tersebut. Mulai dari jurusan serta fakultas yang ada, fasilitas yang disediakan, lokasi, biaya kuliah, alumni lulusan, serta biaya rata-rata yang dikeluarkan mahasiswa di kampus tersebut.

Membuat perbandingan dari universitas-universitas yang ada

Biasanya dalam memilih universitas tujuan, kamu tidak hanya memilih satu universitas saja melainkan menyiapkan 2 pilihan cadangan universitas lainnya. Eits, cadangan bukan selalu berarti pilihan terakhir ya. Menyiapkan pilihan dan perbandingan lain berarti kamu menggali lebih dalam mengenai daya tampun mahasiswa baru dari kampus tersebut dan juga kuota dari jurusan yang kamu pilih. Jika kampus pilihan pertama mu memiliki kuota penerimaan lebih sedikit dibandingkan kampus pilihan kedua mu, ada baiknya kamu mempertimbangkan kembali untuk memilih kampus tersebut sesuai dengan nilai uji coba passing grade mu. Tidak hanya dari segi itu, kamu mungkin juga ingin mempertimbangkan dan membandingkan biaya kuliah dari masing-masing kampus pilihan.

Bicarakan dengan orangtua perihal lokasi kampus yang dituju serta biaya yang akan dikeluarkan

Hal penting lainnya dalam memilih universitas yang dituju adalah membicarakan pilihan mu tersebut ke orangtua. Karena seringkali pula apa yang kita inginkan dengan apa yang orangtua harapkan berbanding terbalik. Misalnya, kamu ingin kuliah di luar kota atau merantau namun orangtua mu tidak mengizinkan dan ingin kamu kuliah di kota tempat tinggal mu saja. Sebelum hal tersebut terjadi ada baiknya kamu membicarakan terlebih dahulu mengenai rencana mu dalam memilih universitas serta jurusan kepada orangtua. Yakinkan sebaik-baiknya dan beri informasi secara detail agar orangtua kamu juga yakin dengan pilihan yang akan kamu ambil. Tak hanya itu, membicarakan mengenai biaya kuliah yang akan dikeluarkan juga merupakan hal penting lainnya untuk didiskusikan dengan orangtua. Dengan membicarakannya kamu dan orangtua bisa secara terang-terangan mengetahui kapasitas pembiayaan yang dimiliki agar tidak memberatkan keluarga nantinya.

Mengikuti study tour atau Campus Expo

Biasanya setiap sekolah sering mengadakan agenda study tour untuk siswa/i tahun akhir ke universitas-universitas yang ada di Indonesia. Jika kamu memiliki rezeki berlebih, kamu bisa mengikuti kegiatan dari sekolah tersebut untuk survei langsung mengenai universitas yang akan didatangi. Siapa tau dengan mendatangi langsung kampusnya kamu akan merasa ‘berjodoh’ atau menjadi lebih semangat untuk bisa lolos seleksi masuk kampus tersebut. Atau pilihan lainnya adalah dengan mendatangi campus expo yang juga seringkali diadakan di student fair atau acara sekolah yang diadakan oleh alumni sekolah kamu. Kamu bisa bertanya langsung secara mendalam kepada kakak-kakak tingkat atau senior yang berkuliah di universitas asalnya dan mendapatkan review asli yang dapat membantu kamu dalam memilih universitas dan jurusan kuliah.

Berdiskusi dengan teman terdekat, guru, atau mentor di tempat kursus

Kamu bisa juga bertukar informasi dengan teman-teman terdekat yang juga akan berjuang memasuki dunia perkuliahan. Ingat, bertukar informasi bukan berarti malah jadi ikut-ikutan yaa. Selain itu diskusikanlah juga informasi mengenai peminatan yang ada di universitas tujuan dengan guru di sekolah atau mentor tempat kamu bimbel atau les tambahan. Biasanya, mereka selalu siap memberikan informasi mendalam serta membantu kamu memilah jurusan dengan baik dan benar serta menyarankan universitas atau kampus yang baik pula.

Cari tau dan ikuti informasi tentang kegiatan, fasilitas, serta berita mengenai kampus yang diinginkan

Cara terbaik lainnya dalam menentukan dan memilih universitas serta memilih jurusan kuliah adalah dengan mengikuti informasi kampus yang dibagikan melalui media sosialnya. Biasanya setiap kampus aktif dalam menginformasikan kegiatan serta berita yang sedang hangat terjadi di dalam kampus. Dari media sosial juga kamu pasti akan menemukan mahasiswa yang berkuliah di kampus tersebut dan bertanya mengenai informasi-informasi yang ingin kamu ketahui. SKSD gak ada salahnya kan, mereka juga pasti akan dengan senang hati berbagi informasi!

Nah, itu dia hal-hal atau cara yang bisa kamu lakukan dalam memilih universitas serta menentukan jurusan kuliah yang akan kamu pilih nantinya. Ingatlah baik-baik bahwasannya pilihan yang kamu tentukan sekarang dalam memilih kampus serta jurusan pilihan akan berdampak ke kehidupan jangka panjang kamu nantinya ketika akan berkarir dan mencapai kesuksesan.

Leave a Comment