(021) 2800647 kampus@azzahra.ac.id

Tips Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

By univ.azzahrajkt

Tips Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu


Bagi Mahasiswa mendapatkan gelar akhir dibelakang naman adalah hal yang membanggakan dan dambaan setiap mahasiswa. Tetapi dalam mendapatkan dan meraih gelar tersebut tidaklah mudah, banyak tahapan dan tugas yang harus dijalankan serta diselesaikan, salah satunya adalah mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Yang dimana skripsi maupun tugas akhir ini kerap kali membuat para mahasiswa tertekan, menemui jalan buntu, dan berakhir dengan kemalasan untuk mengerjakan skripsi, sehingga membuat skripsi yang harusnya bisa selesai dengan cepat menjadi tertunda selama sebulan bahkan ada yang tertunda sampai pergantian semester. Sehingga banyak mahasiswa yang menganggap skripsi adalah kutukan akhir yang harus ditaklukan demi mendapatkan gelar sarjana.

Skripsi merupakan tugas akhir untuk mahasiswa sebagai syarat kelulusan untuk menjadi seorang sarjana yang dibanggakan, tetapi skripsi juga jadi momok bagi mahasiswa tahap akhir untuk menyelesaikan studinya Tidak semua mahasiswa punya kemampuan atau bakat dalam membuat sebuah rangkaian penelitian dalam bentuk sebuah hasil akhir skripsi untuk di uji sebagai syarat kelulusan menjadi seorang sarjana.

Tak jarang, syarat skripsi ini membuat mahasiswa sering mengalami pikiran buntu, akhirnya malas mengerjakan dan berujung kuliah tak kunjung selesai. Tetapi, mengerjakan skripsi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, asal Anda tahu tips dan triknya dalam menyelesaikan skripsi, pasti tugas akhir Anda akan cepat selesai.  Berikut tips menyelesaikan skripsi tepat waktu yang bisa Anda coba :

Persiapkan diri  dan Belajar Mengenai Skripsi

Persiapan diri merupakan hal utama yang harus Anda siapkan terlebih dahulu, karena tanpa persiapan semuanya bisa jadi berantakan dan tidak sesuai yang Anda inginkan. Saat akan mulai memasuki semester akhir untuk pembuatan tugas akhir, Anda harus siapkan diri untuk fokus dalam mencari judul ataupun topik penelitian yang ingin Anda angkat, mempelajari teknik penyusunan proposal dan sebagainya.

Buatlah Jadwal dan Target 

Jadwal dan Target perlu dibuat, hal ini perlu dilakukan agar Anda tahu kapan skripsi bisa selesai tepat pada waktunya. Tetapkan untuk bisa menyelesaikan 1 bab dalam jangka waktu 1-1,5 bulan. Ini bisa jadi alarm supaya Anda berhenti bersantai ketika target belum tercapai sehingga skripsi pun bisa terus berjalan sampi dengan bab akhir. Jadwal juga dibuat agar Anda selalu tahu jadwal kapan harus ketemu dengan dosen pembimbing maupun jadwal untuk mengerjakan tugas lainnya. Selain itu target dibuat agar Anda bisa membagi waktu antara mengerjakan tugas akhir, tugas kuliah dan juga jadwal bermain dengan teman – teman untuk sekedar refreshing.

Berikan Reward Setiap Mencapai Target

Reward kepada diri sendiri juga perlu loh, tidak perlu reward yang besar atau mewah ketika Anda sudah mencapai target dalam mengerjakan tugas akhir. Anda bisa memberikan reward seperti makan – makanan enak, pergi jalan – jalan dengan sahabat untuk sekedar refreshing, atau Anda bisa beli barang yang Anda suka. Tapi, tentunya ini dilakukan ketika Anda sudah mencapai target yah. Reward berguna untuk menghargai diri sendiri atas hasil jerih payah sekaligus memotivasi Anda untuk mencapai target selanjutnya dalam mengerjakan skripsi.

Kumpul dan Diskusi dengan Pejuang Skripsi

Berkumpul dengan orang yang senasib dan seperjuangan dengan Anda akan membuat kerja berat menjadi ringan dalam mengerjakan tugas akhir. Anda akan termotivasi jika mengerjakan tugas akhir bersama dengan orang yang giat. Karena lingkungan juga berpengaruh terhadapa mood dan semangat dalam mengerjakan tugas akhir. Dengan diskusi dan kumpul dengan pejuang skripsi akan memotivasi Anda dalam mengerjakan skripsi secepatnya. Selain itu, Anda juga dapat sekedar curhat maupun bercerita mengenai kendala Anda dalam mengerjakan skripsi. Mereka dengan senang hati akan memberikan solusi terbaik, karena mereka juga pernah ada di posisi Anda sekarang. Selain itu, kumpul bersama teman-teman seperjuangan skripsi, Anda jadi lebih tahu mengenai perkembangan mengenai aktivitas atau kegiatan skripsi di program studi yang Anda jalani. Baik itu tanggal pembukaan dan penutupan sidang, pembukaan wisuda, dll.

Kurangi Kegiatan Ekstra kurikuler di Kampus Maupun Luar Kampus 

Bagi Anda Mahasiswa tingkat akhir, sudah bukan saatnya untuk Anda aktif di kegiatan ekstra kurikuler di kampus. Apalagi jika Anda ikut himpunan mahasiswa maupun organisasi BEM. Maka dari itu kurangi lah kegiatan di kampus apabila Anda ingin cepat menyelesaikan skripsi, selain itu jika Anda bekerja maupun magang di salah satu perusahaan, usahakan untuk dapat membagi waktu dengan cukup baik antara bekerja dan mengerjakan skripsi. Tetapi jika tidak bisa membagi waktu, berhentilah bekerja di tempat Anda magang diperusahaan, agar Anda bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas akhir. Meski hanya menyelesaikan skripsi dan berlimpah waktu luang, namun jangan jumawa dulu. Bukan berarti kamu bisa seenaknya bermain atau justru terlibat kegiatan lainnya. Sebaiknya Anda menghindari kegiatan yang banyak menyedot waktu dan tenaga. Jangan jadikan kesibukan Anda fokus utama dan menggeser kepentingan menyelesaikan skripsi.

Tentukan Judul dan Topik Skripsi Yang Tepat

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi, sering kali terkendala di judul maupun topik yang ingin dibahas dalam skripsi. Sebenarnya judul skripsi itu banyak dan gampang dalam menentukan topiknya, tetapi kadang kebanyakan mahasiswa terlalu pemilih dan bimbang dalam menentukan judul dan topik yang akan dibahas. Sehingga kadang bisa memakan waktu berbulan – bulan hanya untuk menentukan judul skripsi. Hindari judul yang terlalu rumit dan Anda sendiri pun belum tentu bisa menyelesaikannya. Jangan terlau idealis, karena skripsi itu penelitian ilmiah bukan lomba untuk mencari judul yang keren dan terbaik. Selain itu, kuasai juga topik yang akan Anda angkat dalam penulisan tugas akhir. Jangan sampai Anda memilih topik yang tidak dikuasai dengan baik, bisa jadi nanti menghambat penyelesaian skripsi Anda ke depannya.

Ingat Perjuangan Orang Tua

Bagi Anda yang tiba – tiba diserang penyakit malas dan mager dalam mengerjakan skripsi, ingatlah selalu orang tua Anda ketika rasa malas mulai menerpa. Ingatlah bagaimana oerjuangan orang tua Anda dalam membiayai kuliah Anda. Biaya Pendidikan tentunya tidak murah, maka dari itu ingatlah bagaimana perjuangan bapak dan ibu Anda yang memeras keringat mencari nafkah agar Anda menjadi sarjana dan orang hebat di masa depan. Mengingat orang tua juga dapat menguatkan batin dan meningkatkan semangat Anda dalam mengerjakan tugas akhir. Mungkin ketika Anda merasa down atau putus asa maka ingatlah mereka. Doa orang tua pastinya tidak akan pernah putus untuk Anda, maka Anda juga tidak boleh putus semangat berjuang untuk melihat mereka bahagia dengan Anda menjadi sarjana.

Rajin Beribadah dan Berdoa

Nah, poin terakhir dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu adalah dengan rajin berdoa dan beribadah kepada Tuhan. Jangan lupa dengan poin yang satu ini ya, karena setelah Anda sudah berjuang dan berusaha Anda juga harus mengimbanginya, mendukungnya dengan ibadah dan doa. Doa memiliki dua manfaat kaitannya dengan skripsi yaitu agar Anda dimudahkan dalam menyelesaikan skripsi (sebagai orang beriman Anda tentu yakin bahwa usaha tanpa doa adalah kesombongan), sedangkan disisi lain doa juga dapat membuat Anda secara psikologis lebih tenang menghadapi semua kendala kedepannya. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mengerjakan skripsi. Selain doa sendiri, doa orang tua juga sangat baik bagi kemajuan skripsi Anda ke depan. Skripsi merupakan ujian akhir dari proses perkuliahan agar bisa selesai dan menjadi seorang sarjana yang dibanggakan oleh diri sendiri dan orang tua. Tidak mudah memang dalam mengerjakan skripsi. Ada faktor eksternal dan internal yang berpengaruh terhadap penyelesaian skripsi Anda. Ulasan dan tips menyelesaikan skripsi tepat waktu diatas mungkin bisa  di coba dan membantu Anda manakala menghadapi kendala dalam skripsi agar kuliah bisa cepat selesai dan menjadi sarjana. Tetaplah semangat dan jangan lupa berdoa. Gimana, sudah siap menyelesaikan skripsi sekarang ?

Leave a Comment