(021) 2800647 kampus@azzahra.ac.id

Tips Meraih Pendapatan Walau Masih Kuliah

By univ.azzahrajkt

Tips Meraih Pendapatan Walau Masih Kuliah

Di zaman serba digital dan era modern saat ini, banyak mahasiswa terutama generasi Z alias millennial yang sedang kuliah sambil bekerja. Bisa jadi Anda juga salah satu yang melakukan aktivitas bekerja sambil kuliah. Sebagian dari Anda dalam menjalankam aktivitas kuliah sambil bekerja tentunya memiliki alasan tersendiri. Biasanya karena tuntutan dan tujuan hidup sehingga Anda harus bertahan dengan menjalankannya.

Semua bisa dijalankan dengan benar asalkan Anda disiplin dalam mengatur dan membagi waktunya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam mendapatkan uang, terutama bagi Anda mahasiswa yang mungkin membutuhkan uang tambahan dalam menambah pemasukan untuk membayar kuliah ataupun untuk jajan. Pastinya dengan mendapatkan uang tambahan, orang tua Anda di rumah pasti akan senang dan bangga karena Anda membantu keuangan keluarga dalam membiayai kuliah.

Nah, berikut ini beberapa cara menghasilkan uang yang bisa dilakukan para mahasiswa. Yuk langsung simak aja tips kerja saat kuliah untuk mendapatkan income tambahan.

Menjadi Asisten Dosen

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat kuliah menjadi mahasiswa, dimana Anda bisa mendapatkan income tambahan dengan menjadi asisten dosen. Apalagi jika Anda mahasiswa berprestasi dan pintar, pastinya dosen bakal ngelirik Anda untuk dijadikan asdosalias asisten dosen. Nah apabila Anda sudah jadi asisten dosen, tentunya akan dapat uang tambahan dari kampus dan bisa dipercaya terus oleh dosen yang bersangkutan atau bisa jadi menjadi pengajar tetap nantinya di kampus. 

Menjadi Content Writer 

Saat kuliah tentunya Anda memiliki waktu luang yang dimana bisa dimanfaatkan dengan menjadi menulis content. Anda bisa menulis yang berkaitan dengan bidang keahlian Anda di kampus, misalnya Anda mahasiswa manajemen, Anda bisa menulis di website-website manajemen maupun majalah yang berkaitan manajemen. Anda juga bisa membuat blog pribadi yang berisin opini maupun ulasan tentang perkuliahan, manajemen atau hal lainnya. Selain itu, jika Anda ingin menulis konten yang lebih luas Anda bisa mendaftarkan diri sebagai penulis freelance di Sribulancer.com atau Projects.co.id. Anda juga bisa langsung menghubungi pemilik website untuk menjadi penulis freelance. Semakin banyak content writer yang Anda tulis, semakin banyak income yang Anda dapatkan nantinya. 

Menjadi Guru Privat atau Guru Lepas

Bagi Anda mahasiswa,diluaran sana banyak anak sekolah yang membutuhkan guru di bidang tertentu. Anda bisa menjadi guru honorer di sekolah yang membutuhkan tenaga pengajar atau bisa juga menjadi guru privat yang dimana Anda bisa mengajar langsung di rumah anak tersebut. Misalnya Anda mahasiswa jurusan Matematika, Anda bisa mengajar di sekolah yang dimana membutuhkan guru matematika atau lingkungan sekitar rumah Anda yang dimana anaknya membutuhkan les privat untuk pelajaran matematika. Nah, urusan tarif harga mengajar privat, Anda bisa tentuin sendiri aja berapa biayanya. Jangan terlalu tinggi maupun terlalu renda. Yang wajar-wajar aja ya.

Membuka bisnis buku

Mahasiswa pastinya tidak bisa lepas dari yang Namanya buku. Terutama buku mata kuliah yang dijadikan sebagai bahan belajar di kampus. Ide bisnis buku bisa menjadi ladang Anda dalam mendapatkan uang tambahan. Anda bisa jualan buku mata kuliah ke teman-teman di kelas Anda. Peluang bisnis buku di kampus ini lumayan besar tentunya. Apalagi jika teman Anda malas untuk pergi keluar membeli buku ke toko buku, Nah ini tentunya peluang yang sangat bagus. Anda bisa perhatikan toko-toko buku di dekat kampus pasti banyak yang laku, bukan? Nah, peluang ini bisa Anda tangkap buat jadi lahan dalam mendapatkan uang tambahan. Bukan cuma uang aja yang didapat, dalam melakukan bisnis buku juga jadi ladang ilmu buat Anda dan juga pembelinya. Dimana Anda juga bisa tahu dan membaca setidaknya sedikit dari buku-buku yang Anda beli.

Membuka Usaha Makanan

Membuka bisnis di bidang makanan terutama sarapan atau camilan di kampus tentunya bisa menguntungkan banget, apalagi biasanya banyak mahasiswa yang lupa atau tidak sempat untuk sarapan. Anda bisa menjual makanan berupa snack atau camilan lain kepada mahasiswa di kampus. Pastinya bisnis makanan ini sangat menguntungkan dan cepat dalam mendapatkan uang tambahan, hanya dalam bisnis makanan. Selain itu, Anda harus sering mengganti menu makanan atau camilan seminggu atau dua minggu sekali agar teman – teman mahasiswa tidak bosen dalam membeli makanan Anda. Karena mahasiswa itu doyan banget ngemil. Tahu sendiri kan, mereka sering ngemil di kelas. Nah ini bisa jadi peluang bisnis Anda untuk dapat income tambahan. 

Membuka Bisnis Fotografi

Jika Anda suka dan hobi fotografi, Hobi ini bisa menjadi sumber penghasilan Anda saat kuliah. Dimana sasaran bisnis ini bisa Anda tawarkan ke teman – teman terdekat Anda yang ingin mengabadikan momen wisuda maupun momen lain dalam bentuk foto maupun video. Buatlah  album foto dan video semenarik mungkin agar teman – teman Anda bisa terus menggunakan jasa Anda untuk mengabadikan momen dalam fotografi. Jika Anda bisa mengaturnya dengan baik, bisnis foto dan videografi ini pun sangat menjajikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Menjadi Volunteer

Dalam mendapatkan income tambahan lain, Anda bisa bekerja sebagai relawan di berbagai LSM maupun NGO. Biasanya relawan kerat kaitannya dengan bidang lingkungan dan kemanusiaan. Menjadi volunteer di Lembaga swadaya masyarakat itu bukan berarti kerja rodi tanpa dibayar lho. Anda akan mendapatkan uang pengganti transportasi biasanya yang dimana lumayan cukup untuk membantu sedikit keuangan Anda. Apabila donor LSM-nya kuat, bukan gak mungkin Anda jadi lebih makmur dari teman-teman sebayamu. Jadi, gak usah ragu kalo ada kesempatan untuk bekerja sebagai volunteer ya. Selain menambah income, Anda juga akan mendapatkan pengalaman dan juga teman – teman baru yang menyenangkan. 

Nah, Itulah beberapa tips kerja saat kuliah untuk mendapatkan income tambahan yang bisa Anda lakukan sebagai mahasiswa. Tapi kalau Anda sudah terjun di bisnis-bisnis di atas, jangan lupa diri ya. Bukan berarti dengan mencari uang tambahan Anda harus meninggalkan tugas utamamu sebagai mahasiswa. Jangan sampai kuliah Anda berantakan gara-gara fokus cari uang tambahan.

Anda harus bisa dan pintar membagi waktu antara kuliah, bisnis, maupun bekerja ya. Nah, apakah Anda punya alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa? Langsung bagikan di komentar yaa.

Leave a Comment