(021) 2800647 kampus@azzahra.ac.id

UPZ Universitas Azzahra & Baznas: Fasilitasi Beasiswa Kuliah Mahasiswa Kurang Mampu

By univ.azzahrajkt

UPZ Universitas Azzahra & Baznas: Fasilitasi Beasiswa Kuliah Mahasiswa Kurang Mampu

Tidak sedikit jika kita melihat secara langsung bahwa jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang harus putus kuliah dikala zaman yang sedang bergerak cepat ini. Di mana pendidikan adalah salah satu bekal penting bagi mereka yang harus terjun ke dunia profesional kelak nantinya.

Hingga pada tahun 2018 pun, Prof. H. Mohamad Nasir, Drs., Ak., M.Si., Ph.D selaku Menteri Ristek dan Dikti RI menghimbau untuk jangan ada lagi mahasiswa yang harus berhenti kuliah karena tidak mampu dalam pembiayaan.

Begitu pula Universitas Azzahra yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia demi menggapai cita-cita menuju masa depan yang berkualitas dan unggul.

Dengan adanya problematika bahwa masih banyak mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang terpaksa harus putus kuliah ditengah jalan karena tidak memiliki biaya kuliah dari tahun ke tahun, maka dari itu Universitas Azzahra Jakarta bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk memberikan solusi yang nyata.

Universitas Azzahra bersama dengan Baznas kini memiliki program bantuan beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi yang kurang mampu dari berbagai daerah di Indonesia untuk bisa menempuh pendidikan secara maksimal melalui Universitas Azzahra dan demi mengurangi angka putus kuliah di tengah-tengah pendidikan yang berlangsung.

Program Unit Penghimpunan Zakat atau UPZ inilah yang akan membuka peluang bagi mahasiswa dan mahasiswi yang kurang mampu dengan beasiswa yang disediakan oleh Baznas dan peran Universitas Azzahra adalah untuk membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan zakat melalui program UPZ tersebut, sehingga program beasiswa Baznas dapat terealisasikan.

Pemberian SK untuk Unit Penghimpunan Zakat Universitas Azzahra – Baznaz telah rampung.  SK tersebut telah diserahkan pada momen Wisuda Pasca Sarjana & Sarjana Universitas Azzahra Tahun Akademik 2017/2018 pada tanggal 4 September 2018 lalu di Gedung Puri Ardhya Garini, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

“Universitas Azzahra bekerjasama dengan Baznas melalui Unit Pengelolaan Zakat ini adalah hal yang sangat baik untuk ke depan. Sehingga akan bisa membantu semakin banyak mahasiswa yang kurang mampu untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Universitas Azzahra,” jelas Dr. Muhammar Amir.

Muhammar lalu menjelaskan sedikit tentang bagaimana terbentuknya UPZ Universitas Azzahra ini. Panggilan hati dari dosen dan segenap akademisi Universitas Azzahra lah yang menjadi dasar dan latar belakang terbentuknya UPZ Azzahra, demi memperbantukan para mahasiswa dan mahasiswi yang kurang mampu untuk dapat berkuliah di Universitas Azzahra tanpa harus memikirkan soal biaya.

“Karena sebagian mahasiswa dan mahasiswi dari kampus kami adalah orang-orang yang dalam tanda kutip kurang mampu dalam hal ekonomi, tapi mampu dalam hal berpikir. Dan juga sebagian mahasiwa kami sebenarnya sudah bekerja, tapi bekerja sebagai pegawai dasar di perusahaannya, sehingga penghasilannya masih belum memadai untuk membiayai kuliahnya.  Dengan latar tersebut, maka kami dari Universitas Azzahra merasa terpanggil untuk membentuk UPZ yang bisa membantu biaya kuliah mahasiswa,” papar Muharram.

Menurut Dr. Muhammar Amir, beasiswa yang diberikan dari UPZ Universitas Azzahra – Baznas yang sudah terbentuk ini diperuntukkan dan diprioritaskan bagi para calon mahasiswa/mahasiswi yang memenuhi kriteria, seperti anak yatim yang ingin kuliah, anak-anak yang kurang mampu namun berprestasi, dan anak-anak hafidz Al Quran.

Menurut Muhammar,  pihak Baznas sangat mendukung dan sangat membantu eksistensi UPZ Universitas Azzahra ini.  Dijelaskan Muhammar, Baznas banyak memberikan kemudahan dan juga rekomendasi, misalnya, untuk kerjasama UPZ Azzahra dengan UPZ-UPZ dari lembaga/instansi lain.

“Contohnya, kerjasama UPZ Universitas Azzahra dengan UPZ Kemetrian Agama (Kemenag).  Jadi, dengan kerjasama ini, maka UPZ Kemenag bisa menyalurkan programnya ke UPZ Azzahra. Jadi langkah ke depannya salah satunya seperti itu. Jadi Baznas akan merekomendasikan, beberapa UPZ yang penyalurannya mungkin  kurang optimal, maka bisa disalurkan ke UPZ Azzahra sebagai penyalur resmi,” demikian Dr. Muhammar Amin.

Program UPZ disediakan untuk dapat membantu mahasiswa dan mahasiswi mendapatkan akses pendidikan yang layak dan berharap para mahasiswa/mahasiswi dapat lebih fokus menempuh pendidikan untuk memupuk masa depan tanpa harus berpikir panjang lebar lagi tentang kesulitan membiayai kuliah.

Leave a Comment